Cara Merawat Sepatu Olahraga Dengan Baik

Selain menyenangkan, aktivitas olahraga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai macam jenis olahraga dapat kamu lakukan seperti, sepak bola, futsal, basket, bulutangkis, atau hanya sekedar lari di pagi hari pun dapat bermanfaat untuk kesehatan kamu.

Dengan olahraga secara rutin, tubuh kamu akan selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Namun, agar olahraga kamu semakin nyaman dilakukan, tentu kamu perlu menggunakan sepatu olahraga yang berkualitas, kecuali renang.

Beberapa brand olahraga ternama telah banyak melakukan inovasi untuk sepatu olahraga, seperti, sepatu sneakers adidas, sepatu basket nike, sepatu lari puma, sepatu bola mizuno, sepatu futsal specs, dan lain sebagainya.

Dengan inovasi yang semakin berkembang, sudah saatnya kamu berolahraga dengan sepatu khusus olahraga. Tidak disarankan untuk kamu bertelanjang kaki atau hanya menggunakan sandal ketika melakukan aktivitas olahraga. Selain, karena tidak nyaman, hal tersebut juga akan berdampak pada rawannya cedera atau luka ketika terjadi benturan saat olahraga.

Dengan inovasi yang semakin berkembang, sepatu olahraga dibuat dengan berbagai macam desain yang menarik. Tujuannya agar meningkatkan tingkat kepercayaan diri kamu ketika berolahraga. Untuk itu, dengan inovasi yang berkualitas, sepatu olahraga perlu memiliki tingkat perawatan yang baik. Lalu, bagaimana cara merawat sepatu olahraga dengan baik? Berikut caranya!

Sirkulasi Udara

Selain mencuci secara rutin dengan peralatan khusus, sepatu olahraga pun perlu dirawat secara baik. Salah satunya dengan cara merawat sepatu setelah selesai dipakai. Tentu kamu tau, setelah kamu melakukan aktivitas olahraga dengan sepatu olahraga kamu, keringat dan sirkulasi udara tidak sepenuhnya mengalir dengan baik. Pada akhirnya, sepatu akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, setelah kamu memakai sepatu olahraga kamu ketika selesai berolahraga, disarankan agar kamu melonggarkan tali sepatu kamu dan jemur di bawah sinar matahari agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan lancar.

Kaos Kaki

Perlu kamu tau bahwa kaos kaki adalah komponen penting ketika anda memakai sepatu olahraga. Apalagi ketika kamu sedang melakukan aktivitas olahraga yang banyak bergerak, kaos kaki akan berguna untuk meningkatkan kenyamanan agar kaki kamu tidak lecet ketika sedang beraktivitas. Oleh karena itu, kaos kaki akan menimbulkan bau tidak sedap kalau tidak dicuci setelah selesai digunakan. Artinya, untuk merawat sepatu olahraga kamu, jangan meletakkan kaos kaki yang sudah kamu pakai di bagian dalam sepatu kamu. Hal tersebut nantinya akan menyebabkan udara di dalam sepatu menjadi lembab dan menimbulkan tumbuhnya bakteri atau kuman di dalam sepatu olahraga kamu.

Pengganjal Sepatu

Ada saatnya sepatu olahraga kamu tidak dipakai dan disimpan di rak sepatu kamu.  Namun, bukan berarti sepatu kamu tidak butuh perawatan ketika tidak dipakai. Perawatan perlu dilakukan secara rutin agar sepatu kamu selalu dalam kondisi yang baik. Untuk itu, gunakan pengganjal sepatu atau bantalan sepatu untuk dimasukkan ke dalam sepatu olahraga kamu. Tidak sulit untuk membuat pengganjal sepatu, kamu hanya perlu koran bekas dan membentuknya bulat dan masukkan ke dalam sepatu olahraga kamu. Hal tersebut berguna untuk menjaga bentuk sepatu olahraga kamu dan menyerap kelembaban di dalam sepatu olahraga kamu.

Cairan Anti-bakteri

Banyak tempat yang dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri, salah satunya sepatu. Tentu, tidak semua sepatu menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Beberapa contoh sepatu yang dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri seperti, sepatu yang tidak terawat, sepatu yang tidak dipakai dan disimpan di tempat yang kurang bersih, atau sepatu yang tidak pernah dicuci. Maka dari itu, kamu tidak mau kan sepatu olahraga kamu menjadi sarang tumbuhnya bakteri? Untuk itu, kamu perlu merawat sepatu olahraga kamu dengan cairan semprot anti-bakteri. Paling tidak kamu perlu menyemprotkan cairan anti-bakteri setiap setelah kamu pakai sepatu olahraga kamu.

Penting bukan merawat sepatu olahraga dengan baik? Selain untuk menjaga kualitas sepatu olahraga kamu agar tetap bagus, juga akan membuat sepatu kamu selalu nyaman ketika dipakai saat berolahraga. Tidak sulit kok merawat sepatu olahraga kamu, intinya hanya satu, jangan malas untuk merawat sepatu olahraga kamu. Selamat mencoba!

sumber : http://tergila.com/cara-merawat-sepatu-olahraga-dengan-baik/

Leave a comment